Trik Cepat Menulis Resume

 

Sekilas Tentang Nara Sumber Pertemuan ke-2 ini adalah Maesaroh, M. Pd.



Malam ini adalah pertemuan ke-2 Pelatihan Menulis gelombang ke-19 dan 20 yang saya ikuti bersama teman-teman guru yang hebat dari seluruh indonesia. Tepatnya jam 19.00 WIB saya mulai menyalakan labtop dan melihat gawai saya ternyata sudah dimulai. Saya semakin penasaran apakah materi malam ini sehingga keingintahuan saya semakin tinggi untuk mendengarkan materi yang akan disajikan. 

Pada kesempatan ini nara sumbernya adalah ibu Maesaroh, M. Pd  yang ditemani oleh moderatornya yaitu ibu Rita Wati, malam ini temanya adalah Trik Cepat Menulis Resume di Blog. Materi yang sangat menarik menurut saya. Nara sumber mulai memperkenalkan diri yang syarat dengan prestasi menulis. Saya mulai menyimak materi yang di sajikan oleh nara sumber sambil mempersiapkan resume yang akan saya tuangkan.

Mengapa harus menulis di Blog?

Bu Maesaroh menyatakan "untuk menjadi penulis yang handal, kita harus mengatur pola pikir kita" dengan merenungkan kata-kata tersebut tersirat di dalam benak saya bahwa saya harus bisa mengatur pola pikir dan waktu saya dengan tujuan saya harus bisa menyelesaikan tulisan saya dengan tepat waktu dan bisa dibaca oleh orang lain. Dalam mengatur mindset kita maka tulisan kita harus memiliki kharakter, menambah referensi lain yang berkaitan dengan materi yang ada juga kita harus bisa meramunya kembali. Sehingga tulisan kita bisa mudah di mengerti pembaca. 

Menulis di blog sangatlah penting untuk berbagi pengetahuan, mengasah kemampuan kita menulis membangun jaringan dan membangun kepercayaan. Masih banyak lagi manfaat yang dirasakan jika kita menulis membiasakan untuk menulis. Kita bisa menuangkan ide-ide kreatif yang kita memiliki sehingga bisa berbagi dengan sesama dan dapat bermanfaat untuk orang lain.


Trik cepat menulis resume by bu Maesaroh, M. Pd. 

1. Dengan membiasakan duduk 10 menit di depan laptop sebelum materi dimulai

2. Merangkai paragraf pembuka dan meramunya menggunakan bahasa yang puitis. Diakhiri dengan tulisan-tulisan yang mengandung motivasi.

3. Membuat tulisan dengan paragraf yang pendek agar mudah dimengerti oleh pembaca.

4. Tulisan yang kita ambil dari nara sumber hendaknya di tulis dengan gaya bahasa Paralelisme.

5. Hindari plagiarisme.

Pada penjelasan diatas pentingnya kita dalam berkomitmen untuk menulis dengan tulisan yang original agar catatan pena kita bisa dijamin keasliannya dan dapat menjadi kebanggaan untuk kita sendiri. Dalam membuat tulisan dengan paragraf yang pendek akan mudah di mengerti oleh si pembaca.

Membangun Kepercayaan diri..

Dalam memulai untuk menulis sering kita dihantui oleh pikiran yang merasa kurang mampu dan tidak bisa. Hal tersebut justru akan membuat kita tidak melangkah berlari kencang, melainkan akan selalu diam ditempat. 

Ada 5 hal yang harus diperhatikan jika ingin membangun kepercayaan diri  untuk menjadi penulis yaitu:

1. Jangan mudah untuk menyerah siapkan mental sekuat baja

2. Harus mau menerima kritikan.

3. Menulis dengan hati tulislah apa yang kita pikirkan

4. Tulislah mulai dari hal yang paling kecil kemudian kembangkan

5. Konsisten


Nah demikianlah catatan pena saya malam ini tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB sudah waktunya untuk beristirahat. Kata kunci yang bisa saya peroleh malam ini adalah bahwa kita harus menanamkan kepercayaan yang tinggi dan memiliki tekat yang kuat. Dalam hal menulis tidak perlu memikirkan yang susah-susah melainkan tulislah dari hal-hal yang kecil namun bermakna. Kecerdasan seseorang bisa diasah jika memiliki tekat yang kuat dan memiliki komitmen yang tinggi. 

Terima kasih ibu Maesaroh, M. Pd sudah menginspirasi saya dalam menata catatan pena untuk berkomitmen sebagai penulis. Terima kasih juga bagi pembaca mohon maaf jika catatan pena ini belum sempurna karena  "kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT  manusia hanya menjalankan kodratnya".  Diakhir catatan ini saya ingin menyapa Salam Blogger dan salam literasi.


#trikcepatmenulis

#belajarmenulis

#deswatisman1

#belajarmembuatbuku

Komentar

  1. Terinsfirasi tulisan di akhir. kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT manusia hanya menjalankan kodratnya

    BalasHapus
  2. Keren, Bu. Ditunggu terus tulisannya.

    BalasHapus
  3. Keren, Bu. Ditunggu tulisan berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

      Hapus
  4. Keren sangat menginspirasi salam literasi

    BalasHapus
  5. Narasumber 6ang luar biasa. Saya belajar banyak dari Bu Maesaroh yang luar biasa konsistensi menulis nya

    BalasHapus
  6. Iya om jay terima kasih atas kunjungannya saya sangat termotivasi dari banyak pakar penulis di sini termasuk om jay sendiri.👏

    BalasHapus
  7. sejak mengenalmu sejak di SMAN1 Kota Bekasi, kini semakin smart saja ya. ok siiip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak syam yang hebat, sudah berkunjung ke blog saya.

      Hapus
  8. Luarbiasa catatan maya nya bunda. Saya suka kalimat penutupnya😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu Nara Sumber yang hebat. Saya hanya mempraktikkan ilmu yg diberikan oleh bu Maesaroh.

      Hapus
  9. Resumenya menarik, tinggal paragraf yg panjang-panjang dipenggal lagi.

    BalasHapus
  10. Mantapp benar isi resumenya. Tinggal poles dikit kerapian teks, paragraf pendek saja agar tidak lelah bacanya. Over all, kerennn sekali. Semangat terus yaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bu Aam terima kasih sudah mampir di blog saya masukannya di terima segera lajsanakan🌹

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadikan Menulis Sebagai Passion

Menulis Membuat Berprestasi