Promosi Buku

 Pemasaran Buku


Pertemuan ke-10  : Senin, 2 Agustus 2021 Jam 19.00 WIB
Tema                     : Pemasaran Buku
Nara Sumber        : Agus Subardana
Gelombang           : 19

Mengawali pertemuan malam ini pelatihan menulis seperti biasa diawali dari om jay mengambil alih group WA dan saya bersiap-siap untuk menyalakan labtop untuk mendengarkan pelatihan malam ini. Pada kesempatan ini nara sumbernya Bapak Agus Subardana dengan tema malam ini pemasaran buku. Dipimpin oleh yang tidak asing lagi adalah ibu Aam Hurhasanah.

Diawali oleh pengantar yang bagus untuk dimengerti yaitu: "Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku". Begitu tuturnya.

Perkembangan penerbitan buku disituasi pandemi ini banyak yang merugi yang sebelumnya ada 1328 penerbit yang terdaftar di ikatan penerbit indonesia (ikapi). Maka dalam rangka untuk mempertahankan industri penerbitan buku supaya penjualan buku tatap bertahan maka kita harus memiliki stategi yang jitu serta tepat dalam mengatasi permasalah ini. Sehingga pemasaran buku merupakan ujung tombak dalam upaya memajukan kehidupan bangsa indonesia dibidang literasi.


Pada masa pandemi ini banyak sekali penerbit yang gulung tikar namun untuk penerbit Andi walaupun terdampak dengan kondisi pandemi tapi masih cukup bertahan. 
Tern penjualan dari januari diawal tahun 2020 masih bisa bertahan, namun di tahun 2021 ini trennya turun lagi akibat dampak adanya kebijakan diterapkan PPKM. Namun pada kondisi sekarang ini tren pemasaran  arahnya beralih ke transformasi digital.

Perlunya transformasi digital ini merupakan dampak dari pandemi yang memerlukan perubahan perilaku dengan menggunakan strategi penjualan buku digital.

Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Adapun strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.    Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.    Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Saat ini  Penerbitan Buku mengkombinasikan faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Strategi yang digunakan:

Strategi Pemasaran buku yang telah dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :👇


Saat ini penerbit Andi telah mempunya 87 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut. Strategi pemasaran buku serangan darat di kelompokkan target pasar yang dituju. 

Jurus jitu yang penerbit Andi lakukan dengan mempertahankan produk yang bagus, melakukan promosi proaktif dengan cara online dan dapat mendapatkan konsumen baru. 


Penerbit harus cermat memantau dengan daya saing dari produknya. Konten harus memiliki kelebihan yang lain dari penerbit-penerbit lainnya. Kita harus bisa memanfaatkan lewat komunitas agar produk-produk kita diterima pasar.

Mengawali sesi tanya jawab bu Aam menunjukkan hasil dari terbitan penerbit Andi 👉

Diatas contoh buku bu Aam kolaborasi dengan Prof. Ekoji yang lolos seleksi penerbit mayor PT Andi offset. Keren deh..👍

Banyak pertanyaan yang peserta tanyakan namun dengan kehati-hatian beliau tidak ingin membahas bidang yang lain karena beliau hanya fokus di pemasaran, ujarnya.

Berikut ranking buku yang laris di toko:



Pada bagian tanya jawab  beliau menjawab pertanyaan dari peserta bahwa saat ini yang sedang marak di pasaran pada penjualan buku adalah Fiksi dan Novel.


Diakhir pertemuan pada malam ini mohon maaf kepada pembaca jika catatan pena ini kurang sempurna karena  "Kesempurnaan itu hanyalah milik Allah sebagai mahluk Allah kita hanya menjalani proses kehidupan". 


Salam blogger, salam literasi




#menulis
#deswatimenulis
#rahasiamenulis

Komentar

  1. In the question and answer section he answered questions from participants that currently on the market at the sales of books are Fiction and Novels.


    At the end of the meeting tonight apologize to the reader if this pen note is not perfect because "Perfection belongs only to God as a being of God we only go through the process of life".

    BalasHapus
  2. Senang sekali setelah singgah,
    Ternyata hidangan kalimat sangat memikat dan bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap terima kasih atas masukannya menambah motivasi saya untuk terus menulis

      Hapus
  3. Assalamu alkm, maaf bunda saya anggota baru mohon tegur sapanya mudah-mudahan saya juga bisa menulis seperti bunda

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadikan Menulis Sebagai Passion

Trik Cepat Menulis Resume

Menulis Membuat Berprestasi