TERLIHAT SECERCAH CAHAYA

 

MENGAJAR ITU INDAH


Oleh : Deswati, Senin, 12 Oktober 2020


Seperti biasa setelah weekend mulailah pada rutinitas untuk mengajar Informatika di kelas XI Mipa 1 dan XI Mipa 2. Saya mulai mengajar pada sesi ke dua yaitu dari jam 08.45 WIB sampai jam 09.30 WIB tentunya masih menggunakan google meet, google classroom dan google form, sambil mengecek hasil pekerjaan program Microsoft Access siswa yaitu membuat Tabel, Query, Form dan Report. Saya  masih melihat adanya beberapa tugas mereka yang belum sempurna masih terdapat sedikit-sedikit perbaikan yang harus di periksa. 

Kesempatan itu pula saya meminta salah satu siswa yang bernama Rais dari kelas XI Mipa 1 yang minggu lalu sangat bersemangat sekali bertanya tentang penulisan rumus pada query. Sebenarnya sudah dijelaskan berkali-kali dan bahkan teman-temannya  sudah membantu untuk memberi tahukan kesalahan yang dilakukan oleh Rais dalam penulisan rumusnya, namun  disaat sedang  dijelaskan sambungan meetnya terputus. Setelah seminggu waktu berjalan Alhamdulillah ternyata saya melihat paparan presentasi Rais berjalan baik dan rumus yang tidak berjalan pada query seminggu yang lalu akhirnya programnya berjalan sesuai dengan instruksi. 

Disitu saya berpikir sudah terlihat secercah cahaya yang muncul dari seorang Rais. Pada kesempatan itu juga saya mengevaluasi kemampuan mereka dalam menerima pelajaran yang di berikan yang awalnya minat untuk belajar ataupun konsentrasi mereka menerima pelajaran Informatika kurang, tetapi setelah berjalan beberapa pertemuan dan selalu dibimbing, mereka memperlihatkan bakat-bakat yang terpendam pada dirinya. Jadi bisa di ambil suatu kesimpulan bahwa jika diberikan kesempatan dan tentunya selalu dalam pengawasan yang baik maka anak-anak didik kita lambat laut akan terbentuk dan muncul bakat yang sebenarnya mereka miliki.

Setelah dilihat hampir 85% mampu menyelasaikan tugasnya saya melanjutkan materi yaitu dengan mempresentasikan Microsoft Access kembali tetapi dengan metode yang lebih kompleks yaitu dengan menggunakan big data. Dalam penggunaan big data ini dapat dilakukan dengan menggunakan Relationship yaitu dapat menghubungkan dari beberapa tabel berdasarkan Premary Key. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 09.40 WIB akhirnya setelah menyelesaikan presentasi saya meminta kembali siswa  untuk mempraktikkan di komputernya masing-masing untuk bahan diskusi minggu depan.

Matahari sudah mulai menurun dan kesibukan rutinitas di rumahpun sudah hampir seleasi, saya kembali membuka labtop untuk menulis kembali. Kali ini saya memanfaatkan google sites untuk membuat media website digital sebagai wadah warga sekolah berbagi dan belajar. Banyak fitur-fitur yang disediakan oleh google sites ini untuk kita bisa kembangkan dan berekspresi yang paling penting gratis. Kita bisa leluasa mengembangkannya dan kita bisa juga mengenalkan blog ataupun conten-conten youtube lainnya agar mudah dikenal orang.

Tak terasa hari sudah larut malem saya mulai membagi kisah ini yang mungkin bisa menginspirasi para pembaca. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk peserta didik maupun kualitas pendidikan pada umumnya.


#deswatiblog

#ayobelajar

#secercahcahaya

#membudayakanmenulis

#mengajaituindah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadikan Menulis Sebagai Passion

Trik Cepat Menulis Resume

Menulis Membuat Berprestasi